PEMBELAANKU TERHADAP TAAJUL AWLIYA ‘ABDULQODIR AL-JAYLANIY

Oleh: Anggha Majhoel (Mesir)

Sepercik Faedah Dari Pembelaanku Terhadap
Wali Alloh Asy-Syaikh ‘Abdulqodir Al-jaylaaniy

Makalah ini saya tertibkan menjadi beberapa bagian ,yaitu yang
Pertama :Mukaddimah.
Kedua : Nasab beliau
Ketiga : Kunyah Beliau
Keempat: Laqob dan pujian Ulama terhadap beliau.
Kelima :Karya tulis beliau
Keenam: Aqidah beliau
Ketujuh : Persaksian para ulama terhadap karomah-karomah beliau.

Pertama : Mukaddimah.

Sesungguhnya perkara menulis buku yang bersifat ‘ilmiyyah bukanlah perkara yang bisa dibilang mudah –jika tidak mau dikatakan sangat mudah–, tidak mudah bagi seseorang untuk menulis dan mencetak sebuah karya tulis ‘ilmiyyah menjadi sebuah buku, apalagi jika kita menulis sebuah buku ‘ilmiyyah yang terkumpul di dalamnya firman-firman Alloh dan Sunnah-Sunnah Rosulnya serta Atsar para sahabatnya, terlebih lagi jika kita belum menguasai adawat dan disiplin ilmu dasar mengenai karya tulis ilmiyyah, maka kehancuran dan kerusakanlah yang terjadi pada kita, namun yang berada di hadapan pembaca ini hanyalah sepercik atau sebagian kecil dari kumpulan catatanku yang saya hidangkan berupa makalah mengenai “PEMBELAANKU TERHADAP SYAIKH ‘ABDULQODIR AL-JAYLAANIY”, makalah ini merupakan muhawalah (upaya) dan manhaj (metode) saya dalam latihan menulis sebuah makalah ‘ilmiyyah, meski sebenarnya hati kecil saya enggan untuk menyebarkan dan mengeluarkan makalah ini ke hadapan pembaca, mengingat adanya kekurangan disana-sini, dan mengingat nasihat Al-Hafizh Alkabir Jalaluddin As-Suyuthiy dalam manzhumah Alfiyah fiy ‘ilmil hadits , di fasal “Aadabu thoolibil hadits”, As-Suyuthiy berkata :

” 1. أبوابا او تراجما أو طرقا **** و احذر من الإخراج قبل الانتقا “
” 2. و هل يثاب قارئ الآثار **** كقارئ القرآن خلف جاري “

Dua bait di diatas adalah “bahrur rojaz” yang merupakan bagian dari ‘ilmu Al-‘Arudh wal qowaafiy”, cara membacanya harus dengan suara taronnum (agar mudah dihafal) dan wajib menggunakan wazan “mustaf’ilun” dan “mustaf’ilu”, dan memiliki enam ketukan. dua bait di atas wazannya seperti ini :

#mustaf’ilun mustaf’ilun mustaf’ilu****mustaf’ilun mustaf’ilun mustaf’ilu#

dan dua bait di atas; harokat dan cara membacanya seperti ini :

“1. Abwaaba niw taroojiman aw thuruqo *** wah dzar minal ikhrooji qoblal lintiqo”.
“2. Wa hal yutsaabu qoori-ul atsaariy *** ka qoori-il qur-aani khulfun jaariy”.

Yang ingin saya bahas pada dua bait sya’ir ini adalah bait yang pertama yaitu : “wah dzar minal ikhrooji qobla lintiqo”, yang artinya : “Awas…hati-hatilah kamu dari mengeluarkan karya tulismu (berupa buku/kitab) sebelum kamu intiqo (seleksi)..!!!”.

Syaikh Al-‘Allaamah ‘Aliy bin Adam Al-Ithyubiy menjelaskan maksud dari bait sya’ir di atas dalam kitab “syarah alfiyyah as-suyuthiy fiy ‘ilmil hadits” yang berjudul ” Is’aafu dzawil wathor bi syarhi nazhmid duror fiy ‘ilmil atsar” jilid ke-2, hal:158, kata beliau begini :
” (و احذر) أيها المصنف (من الإخراج) أي إخراج مصنفك إلى الناس (قبل الانتقا) أي تهذيبه و تحريره و تكرير نظرك فيه ، و لا يضرك فيه كثرة اللحاق، فقد قال الشافعي : إذا رأيت الكتاب فيه إلحاق و إصلاح، فاشهد له بالصحة . و قال بعضهم : لا يضيئ الكتاب حتى يظلم .
Artinya :
Dan awas…hati-hatilah kamu wahai penulis, hati-hatilah kamu dari mengeluarkan (atau mencetak) buku/kitabmu kepada manusia sebelum kamu melakukan intiqo (seleksi) yaitu : dengan membenarkan isinya, mengeditnya, dan bulak-balik menelaahnya kembali, dan banyaknya penambahan itu takkan memudhorotkan bukumu, karena sungguh Al-Imam Asy-Syafi’iy telah berkata : Jika kamu melihat sebuah buku/kitab yang di dalamnya banyak terdapat ilhaaq (tambahan) dan islaah (perbaikan), maka saksikanlah akan sahnya buku tersebut. Hingga sebagian dari mereka ada yang berkata : Sebuah kitab itu takkan bersinar hingga berubah menjadi gelap (karena penuh dengan coretan berupa intiqo yang telah disebut di bagian atas).

Kemudian renungkanlah penuturan Al-Qoodhiy Abdurrohiym Al-Baysaaniy –rohimahulloh– :
إني رأيت أنه لا يكتب إنسان كتابا فى يومه إلا قال فى غده : ” لو غير هذا لكان أحسن ، و لو زيد هذا لكان يستحسن ، و لو قدم هذا لكان أفضل ، و لو ترك هذا لكان أجمل” ، و هذا من أعظم العبر و هو دليل استيلاء النقص على جملة البشر “.
Artinya :
Sungguh aku berpendapat bahwasanya tidaklah seseorang menulis sebuah kitab di hari itu kecuali pasti dia akan berkata di esok harinya : “aduhai…kalau saja hal ini dirubah, tentu keberadaannya akan menjadi lebih baik..!!, kalau saja hal ini ditambah, tentu keberadaannya akan dianggap baik..!!, kalau saja hal ini didahulukan, tentu keberadaannya akan menjadi lebih utama..!!, kalau saja hal ini ditinggalkan, tentu keberadaannya akan menjadi lebih cantik..!!”. Ini merupakan seagung-agungnya pelajaran dan bukti akan adanya sifat kurang dan lemah pada mayoritas manusia. (Lihat kitab “tadqiyqun nazhor fiy qowli al-bukhooriyyi fiyhi nazhor” karya Abu ‘Abdirrohman Ayman bin Abdul fattaah Alu maydaan, halaman ke 7, fasal : iymaadh, pustaka : Daarut ta-shiyl, Al-Manshuwroh-Mesir).

Berangkat dari sini, saya hanya ingin berupaya dan belajar menulis ‘ilmiyyah dalam bentuk makalah seperti ini, dengan harapan makalah saya ini bisa menambah semangat kita dalam menimba ‘ilmu dan beribadah kepada Alloh ta’aala serta bisa menghapus dan menebus dosa-dosa saya di akhirat kelak, wallohu min waroo-il qosd, selamat membaca..!! (:-)

Kedua : Nama Beliau .
‘Abdulqoodir bin Abiy Shoolih Muwsa Jangkiy Dawsat bin Abiy ‘Abdillah.

Ketiga : Nasab Beliau.
Sepanjang yang saya ketahui –wallohu a’lam–, nasab Beliau dari pihak ayah bersambung sampai kepada Al-hasan –rodhiyallohu ‘anhu–, dan dari pihak ibu bersambung sampai kepada Alhusain –rodhiyallohu ‘anhu–. Namun yang menjadi catatan disini adalah bahwa sebagian manusia mengingkari wujud penisbatan nasab Beliau kepada ‘Ali bin Abiy Thoolib (Suami Fatimah Az-Zahro); sebagaimana yang tercantum di dalam kitab “Adz-Dzayl ‘Ala Thobaqootil Hanaabilah” (1/290) karya Alhafizh Ibnu Rojab, di mana Ibnu Rojab berkata dalam kitab tersebut seperti in :

” و بعض الناس ينكر نسبته إلى علي بن أبي طالب “

Artinya :
“Dan sebagian manusia mengingkari (sahnya) penisbatan Beliau (‘Abdulqodir Al-Jaylaaniy) kepada ‘Ali bin Abiy Thoolib (istri Fatimah Az-Zahro –rodhiyallohu ‘anha—”.

Akan tetapi pada kesempatan kali ini saya memandang tidak begitu penting berpanjang lebar membicarakan qodhiyyah nasab Beliau secara isnad, dan juga karena Syaikh ‘Abdulqodir sendiri tidak begitu mementingkan perkara nasab, tidak pula memiliki syahwat untuk berbangga-bangga dengan nasab serta muncul menjadi buah bibir, akan tetapi yang tampak jelas dari pribadi Syaikh ‘Abdulqodir adalah keunggulan akhlak, sifat tawaadhu’ dan zuhud serta waro’. Oleh karena itu tampaklah kerendahan hatinya ketika Beliau memperkenalkan dirinya sendiri kepada orang lain; Beliau hanya berkata :
” متفقه من جيلان …! “

Artinya :
“Seorang pelajar fikih dari negeri Jaylaan..!”. (di kitab “Siyar A’laamin Nubalaa”,20/444).

Kemudian tatkala Beliau menjadi seorang Syaikh yang popular (padahal Beliau menjauh dari popularitas) dengan ketinggian akhlak, kesholihan, ibadah, waro, zuhud, sabar, yakin dan kebenaran karomat-karomat Beliau, maka popularitas dan pribadi Beliau yang telah menjadi buah bibir itu sudah tidak lagi membutuhkan penyebutan wujud nasab Beliau, bersamaan dengan lemahnya dalil-dalil orang yang mengingkari sahnya penisbatan nasab Beliau kepada ‘Ali bin Abiy Thoolib dan kuatnya dalil-dalil yang menetapkan sahnya penisbatan nasab Beliau kepada ‘Ali bin Abiy Thoolib –rodhiyallohu ‘anhu—(Lihat “Bahjatul asroor” karya Asy-Syatnuwfiy, hal.88).

Berkata Ibnu Ash-Shoobuwniy (di kitab “Takmilatu ikmaalil ikmaal”, hal.359) :
” و كان الشيخ عبد القادر لا يحب أن يذكر نسبه أو أن يتباهى به، و كان ينهى أولاده عن ذلك أيضا تواضعا منه رحمه الله تعالى، و تحقيقا لحديث رسول الله –صلى الله عليه و سلم– : (( من بطأ به عمله لم يسرع به نسبه )) – رواه مسلم –.

Artinya :
“Dan Beliau tidak suka menyebutkan nasabnya, tidak pula membanggakan diri dengannya, serta melarang anak-anaknya untuk melakukan hal tersebut sebagai bentuk tawadhu –semoga Alloh merahmatinya–, dan sebagai realisasi dari hadits Rosululloh SAW : (( Barang siapa yang amalannya kurang lagi lamban, maka nasabnya tak dapat menutupi kekurangannya )) “.—selesai perkataan Syaikh Ibnu Ashoobuniy–.

Dalam pada itu, renungkanlah penuturan Al-Hafizh Ibnu Rojab Al-Hanbaliy berikut ini (di kitab “Jaami’ul ‘uluwm wal hikam”, hal 652, tahqiq & ta’liq : Syaikh Thoriq ‘Awadhulloh, penerbit Dar Ibnul Jawziy), Berkata Al-hafizh Ibnu Rojab Al-Hanbaliy :

” قوله : (( و من بطأ به عمله، لم يسرع به نسبه )) : معناه : أن العمل هو الذي يبلغ بالعبد درجات الآخرة ، كما قال تعالى : (( و لكل درجات مما عملوا )) – الأنعام :132 — ، فمن أبطأ به عمله أن يبلغ به المنازل العالية عند الله تعالى لم يسرع به نسبه فيبلغه تلك الدرجات ، فإن الله تعالى رتب الجزاء على الأعمال، لا على الأنساب، كما قال تعالى : (( فإذا نفخ فى الصور فلآ أنساب بينهم يومئذ و لا يتساءلون )) – المؤمنون : 101 –، و قد أمر الله تعالى بالمسارعة إلى مغفرته و رحمته بالأعمال، كما قال تعالى : (( و سارعوا إلى مغفرة من ربكم و جنة عرضها السماوات و الأرض أعدت للمتقين، الذين ينفقون فى السراء و الضراء و الكاظمين الغيظ و العافين عن الناس )) – آل عمران : 133- 134 – و قال تعالى : (( إن الذين هم فى خشية ربهم مشفقون ، و الذين هم بآيات ربهم مشفقون ، و الذين هم بآيات ربهم يؤمنون ، و الذين هم بربهم لا يشركون، و الذين يؤتون ما ءاتوا و قلوبهم و جلة أنهم إلى ربهم راجعون، أولئك يسارعون فى الخيرات و هم لها سابقون )) – المؤمنون : 57- 61– .
وخرج الطبراني و زاد فيه : (( إن أهل بيتي هؤلاء يرون أنهم أولى الناس بي ، و ليس كذلك، إن أوليائي منكم المتقون، من كانوا م حيث كانوا )) – أخرجه أحمد و بن حبان و الطبراني–.
يشير إلى أن ولايته لا تنال بالنسب، و إن قرب، و إنما تنال بالإيمان و العمل الصالح، فمن كان أكمل إيمانا و عملا، فهو أعظم ولاية له، سواء كان له من نسب
قريب أو لم يكن، و فى هذا المعنى يقول بعضهم :

لعمرك ما الإنسان إلا بدينه ****** فلا تترك التقوى اتكالا على النسب
لقد شرف الإسلام سلمان فارس ***** و قد وضع الشرك الشقي أبا لهب

ِArtinya :
” Dan Sabda Nabi SAW : ((Barang siapa yang amalannya kurang lagi lamban, maka nasabnya tak dapat menutupi kekurangannya)), makna dari hadits ini adalah : Bahwa amallah yang dapat mengangkat seorang hamba ke derajat tertinggi di akherat kelak, sebagaimana firman Alloh ta’aala : ((Dan masing-masing orang ada tingkatannya, sesuai dengan apa yang mereka amalkan)) –Qs.Al-An’aam:132–, maka orang yang kurang lagi lamban amalannya dalam mencapai derajat akherat di sisi Alloh ta’aala ; nasabnya itu tak dapat menutup kekurangan amalnya untuk bisa sampai kepada derajat tersebut, karena Alloh ta’aala itu memberi ganjaran sesuai dengan ukuran amal, bukan dengan ukuran nasab, sebagaimana firman Alloh ta’aala : (( Apabila sangkakala ditiup, maka tidak ada lagi nasab (pertalian keluarga) di antara mereka pada hari itu (hari kiamat), dan tidak pula mereka saling bertanya)). –Qs.Almu-minun :101–, dan sungguh Alloh ta’aala telah memerintahkan agar bersegera menuju ampunan dan rahmat-Nya dengan amal sholih, sebagaimana firman Alloh ta’aala : (( Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa, yaitu orang yang berinfak baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan kesalahan orang lain)) –Qs.Alu ‘Imron:133-134–. Dan Alloh ta’aala berfirman : (( Sungguh, orang-orang yang karena takut akan adzab tuhannya; mereka sangat berhati-hati, dan mereka yang beriman dengan tanda-tanda kekuasaan Tuhannya, dan mereka yang tidak mempersekutukan Tuhannya, dan mereka yang memberikan apa yang mereka berikan (sedekah) dengan hati penuh rasa takut (karena mereka tahu) bahwa sesungguhnya mereka akan kembali kepada Tuhannya. Mereka itu bersegera dalam kebaikan-kebaikan, dan merekalah orang-orang yang lebih dahulu memperolehnya))—Qs.Almu-minun :57-61–.
Lanjut Al-hafizh Ibnu Rojab Al-Hanbaliy : Hadits Nabi yang berbunyi : (( Sesungguhnya Ahli baitku; mereka itu memandang bahwasanya meraka adalah manusia yang paling utama dengan sebabku, padahal tidaklah seperti itu keadaannya, sesungguhnya wali-waliku adalah orang-orang yang bertakwa di antara kalian, siapa saja mereka dan dari mana saja mereka)) –HR. Ahmad, Ibnu Hibbaan, dan Ath-Thobrooniy–. Yang menjadi syahid (bukti/penguat) dari hadits tersebut adalah hadits yang tercantum dalam kitab “Ash-Shohiiyhaiyn” dari ‘Amr bin Al-‘Aash, bahwasanya dia telah mendengar Nabi SAW bersabda : (( Sesungguhnya keluarga Abu fulan; mereka itu bukanlah wali-waliku, dan hanyasanya waliku itu Alloh dan orang-orang mu-min yang sholih)) –-HR. Albukhriy dan Muslim–.
Lalu lanjut Al-Hafizh Ibnu Rojab : Hadits tersebut mengisyaratkan bahwasanya kemuliaan itu tak bisa diperoleh dengan nasab, tapi hanya didapat dengan keimanan dan amal sholih, maka barang siapa yang paling sempurna iman dan amalnya, itulah kemulian yang terbesar baginya, sama saja apakah orang itu memiliki nasab ataukah tidak. Dan yang semakna dengan perkara ini adalah syair:

لعمرك ما الإنسان إلا بدينه ****** فلا تترك التقوى اتكالا على النسب
لقد شرف الإسلام سلمان فارس ***** و قد وضع الشرك الشقي أبا لهب

“@Demi umurmu, tiada (artinya hidup) manusia itu kecuali dengan agamanya…….…
Maka janganlah kamu tinggalkan takwa hanya karena bersandar kepada nasaB.
@Sungguh islam telah memuliakan Salman Al-faarisiy …………..
Dan sungguh syirik itu telah merendahkan si celaka Abu LahaB.

—Selesai perkataan Al-hafizh Ibnu Rojab Al-Hanbaliy, pent.–.

Ke-empat : Kun-yah Beliau.
Sepanjang pemeriksaan saya –wallohu a’lam–, hampir semua kitab-kitab siroh dan biografi menyatakan bahwa kun-yah Beliau adalah “Abu Muhammad”, dan nisbat (negeri) Beliau adalah “Al-Jaylaaniy” atau “Al-Jiiyliy” atau “Al-Kaylaaniy”.

#Berkata ibnu Al-Atsir (di kitab “Alkaamil” 11/923) :
” هو عبد القادر بن أبي صالح أبو محمد الجيلي “

Artinya :
“Beliau adalah ‘Abdulqoodir bin Abiy shoolih; Abu Muhammad Al-Jiiyliy “.

#Berkata Al-Imam Ibnu Katsiiyr (di kitab “Albidaayah wan nihaayah”,12/270) :
” هو الشيخ عبد القادر بن أبي صالح أبو محمد الجيلي “

Artinya :
“Beliau adalah ‘Abdulqoodir bin Abiy Shoolih; Abu Muhammad Al-Jiiyliy “.

#Berkata Az-Zirikliy (di kitab “Al-A’laam”, 4/47) :
” عبد القادر بن موسى بن عبد الله بن جنكي دوست الحسني أبو محمد محي الدين الجيلاني أو الكيلاني أو الجيلي “

Artinya :
“Abdulqoodir bin Muwsa bin ‘Abdillah bin Jangkiy Dawsat Alhasaniy; Abu Muhammad Muhyiddin Aljaylaaniy atau Aljiiyliy atau Al-kaylaaniy”.

Kelima : Laqob (gelar) & Pujian ‘Ulama Kepada Beliau.
Di antara laqob dan pujian yang ‘Ulama berikan kepada Beliau adalah : Asy-Syaikh, Al-Imam, Syaikhul islaam, Imamnya kaum sufi, Al-‘Aarif, Az-Zaahid, Al-Qudwah, ‘Alamul awliyaa dan lain-lain. Pehatikan penuturan para ‘ulama berikut ini :

*Berkata Al-hafizh Ibnu Rojab menukil dari perkataan As-Sam’aaniy (di kitab “Adz-Dzayl ‘ala thobaqootil hanaabilah, 1/291) :
“إمام الحنابلة و شيخهم فى عصره…!! “
Artinya :
“Beliau adalah Imamnya madzhab hambaliyyah dan Syaikh mereka di masanya”.

*Berkata Al-Hafizh Adz-Dzahabiy (di kitab “Siyar a’laamin nubalaa, 20/439) :
” الشيخ الإمام العالم الزاهد العارف القدوة، شيخ الإسلام، علم الأولياء..!! “

Artinya :
“Beliau adalah Asy-Syaikh, Al-Imam, Az-Zaahid, Al-‘Aarif, Al-Qudwah, Syaikhul islaam, (Simbol) Bendera wali-wali Alloh…!!”.

*Berkata pula Al-Hafizh Adz-Dzahabiy (di kitab “Al-‘ibar fiy khobari man ‘abar”, 3/36) :
” شيخ العصر، و قدوة العارفين، و صاحب المقامات و الكرامات ، انتهى إليه التقدم فى الوعظ، و الكلام على الخواطر…!! “

Artinya :
“Beliau adalah Syaikh di masanya, Cermin bagi para ‘Aarif, memiliki maqomat dan karomat, pemberi nasihat sejati, serta mampu membaca lintasan-lintasan fikiran manusia (maksudnya adalah tajamnya firasat Beliau)…!!”.

*Berkata Al-Haafizh Syaikhul islaam Ibnu Taymiyyah (di kitab “Majmu’ Alfataawa, 10/507) :
” و أما أئمة الصوفية المشهورة مثل : الجنيد و أتباعه، و الشيخ عبد القادر و أمثاله، فهؤلاء من أعظم الناس لزوما للأمر و النهي، فالشيخ عبد القادر كلامه كله يعود على اتباع المأمور و ترك المحظور و الصبر على المقدور “

Artinya :
” Dan adapun para Imam sufi yang terkenal seperti : Al-Junayd dan pengikutnya, serta Asy-Syaikh ‘Abdulqoodir dan yang sepertinya, maka mereka semua itu adalah manusia yang paling komitmen terhadap perintah dan larangan Alloh ta’aala, Asy-Syaikh ‘Abdulqoodir seluruh kalamnya kembali kepada (tiga perkara) yaitu : “ittibaa-ul ma-muwr” (mengikuti dan mentaati perintah Alloh ta’aala), “Tarkul mahzhuwr” (meniggalkan perkara yang dilarang Alloh ta’aala), serta “Ash-Shobru ‘alal maqduwr” (sabar terhadap takdir Alloh ta’aala).

Ke-enam : Karya tulis Beliau.
Asy-Syaikh ‘Abdulqoodir Al-jaylaaniy adalah orang yang sangat sibuk dengan Ibadah, tahajjud, Sholat nafilah, membaca Alqur-an, dzikir, suluk, memberi nasehat, dan mengajar. Beliau mengajar tigabelas disiplin ilmu syar’i yaitu : ilmu tafsir, ilmu hadits, ilmu tentang madzaahib, ilmu tentang khilaaf, ilmu ushul fikih, ilmu nahwu, ilmu qiroat, ilmu tashowwuf dan lain sebagainya. Sebagian besar hidupnya beliau habiskan untuk itu, sehingga perhatian beliau terhadap karya tulis sangatlah sedikit, kalaulah seandainya Alloh ta’aala takdirkan Beliau menyisakan banyak waktunya untuk menulis, tentulah karya tulisnya itu akan memenuhi khanazah maktabah islamiyah bersama ilmunya yang luas dan tersembunyi bak mutiara yang terpendam dalam lautan. Di antara karya tulis beliau baik berupa kitab, atau imla beliau terhadap muridnya, atau masih berupa manuskrip adalah sebagai berikut :

1. Al-Ghunyah li thoolibiiy thoriiqilhaq, telah tercetak.
2. Futuuwhul ghoyb, telah tercetak.
3. Al-Fathurrobbaaniy wal faydhur rohmaaniy, telah tercetak.
4. Hizbu basyaa-iril khoyroot fish sholaati ‘ala shoohibi aayaatil bayyinaat, telah tercetak.
5. Jalaa-ul khootir min kalaamisy syaikh ‘Abdilqoodir, masih berupa masnuskrip.
6. Hizburrojaa walintihaa, masih berupa manuskrip.
7. Ar-Risaalatul ghow-tsiyyah, masih berupa manuskrip.
8. Mi’rooju lathiiyfil ma’aaniy, masih berupa manuskrip.
10. Al-Mawaahiburrohmaaniyyah, masih berupa manuskrip.
11. Washooya asy-syaikh ‘abdilqoodir, masih berupa manuskrip.
12. Bahjatul asroor, telah tercetak.
13. Sirrul asroor fit tashowwuf, telah tercetak.
14. Rosaa-ilus syaikh ‘abdilqoodir, masih berupa manuskrip.
15. Diiywaanus syaikh ‘abdilqoodir, masih berupa manuskrip.
16. Tanbiiyhul ghobiy ila ru-yatin nabiy, masih berupa manuskrip.
17. Ar-Roddu ‘alar roofidhoh, masih berupa manuskrip.
18. Hizbu ‘abdilqoodir alkaylaaniy, masih berupa manuskrip.
19. Al-fuyudhootur robbaaniyyah, telah tercetak.
20.Miskul khitaam fiy tafsiiril qur-aanil kariiym, masih berupa manuskrip.

Selama di mesir ini, saya hanya mendapatkan atau memiliki karya tulis beliau yang nomor : 1, 2, 3, 12, 13, 19 pada bagian yang telah saya sebutkan di atas, sisanya hanya kitab-kitab biografi tentang Beliau yang ditulis oleh para penulis mu’aashir (kontemporer).

Ketujuh : Aqidah Beliau.
Aqidah Syaikh ‘Abdulqoodir adalah ittibaa’ (mengikuti segala perintah syariat) tanpa ibtidaa’ (berbuat bid’ah), perhatikanlah bagaimana penuturan beliau di bawah ini :

*Berkata Asy-Sya’rooniy (di kitab “At-Thobaqootul kubro”, hal:129) :
” كان يقول لأصحابه : اتبعوا و لا تبتدعوا و أطيعوا و لا تخالفوا و اصبروا و لا تجزعوا و انتظروا و لا تيأسوا “

Artinya :
“Dahulu Beliau pernah berkata kepada sahabat-sahabatnya : ikutillah (perintah syariat) dan janganlah kalian berbuat bid’ah, ta-atilah (perintah syariat) dan janganlah kalian menyelisihinya, sabarlah kalian dan janganlah cemas lagi bersedih hati, tunggulah (keputusan Alloh) dan janganlah kalian berputus asa”.

*Berkata Syaikh ‘Abdulqoodir Al-Jaylaniy (di kitab “Alfathur-robbaniy, majlis ke-4) :
” يا غلام…! ، صحبتك للأشرار توقعك فى سوء الظن بالأخيار، امش تحت كل كتاب الله عز و جل و سنة رسوله صلى الله عليه و سلم و قد أفلحت “

Artinya :
” Wahai pemuda…!, persahabatanmu dengan orang-orang yang buruk akan menyebabkan dirimu bersu-uzzhon (berburuk sangka) kepada orang-orang yang baik, berjalanlah di bawah naunan kitab Alloh ‘azza wa jalla dan sunnah Rosululloh SAW, sungguh kamu akan beruntung”.

*Berkata Syaikh ‘Abdulqoodir Al-jaylaaniy (di kitab “Al-fathur robbaaniy, hal 59) :
“إذا وقع عندك حب رجل و بغض آخر فلا تحب هذا و تبغض هذا بنفسك و بطبعك، بل حكمهما كليهما على الكتاب و السنة، فإن وافقا الذي أحببته فدم على محبته، و إن خالفا فارجع عن محبته، و إن وافقا الذي أبغضته فارجع عن بغضه، و إن خالف فدم على بغضه و إن لم ينفعك ذالك و لم يبن لك فارجع إلى قلوب الصدقين و سلهم عنهما؛ فالمؤمن له نور ينظر به “.
Artinya :
“Jika kamu jatuh cinta terhadap seorang lelaki dan membenci lelaki yang lain, maka janganlah kamu mencintai dan membenci keduanya dengan jiwa dan tabiatmu, akan tetapi hukumlah keduaya dengan Alqur-an dan As-Sunnah, jika orang yang kamu cintai itu sesuai dengan Alqur-an dan As-Sunnah maka teruskanlah cintamu padanya, namun jika orang yang kamu cintai itu menyelisihi Alqur-an dan As-Sunnah maka berhentilah kamu dari mencintainya, dan apabila orang yang kamu benci itu sejalan dengan Alqur-an dan As-Sunnah, maka berhentilah kamu dari membencinya, namun jika dia menyelisihi Alqur-an dan As-Sunnah maka teruskanlah kebencianmu kepadanya, akan tetapi jika perbuatan itu semua tidak bermanfaat bagimu dan tidak jelas bagimu duduk permasalannya, maka kembalikanlah kepada orang-orang yang berhati jujur dan tanyakanlah mereka; karena seorang mu-min itu dapat melihat dengan cahaya yang dimilikinya”.

*Berkata Syaikh ‘Abdulqoodir Al-jaylaniy (di kitab “Al-Fathurrobaaniy, majlis ke-10) :
“عليكم بالاتباع من غير ابتداع ، عليكم بمذهب السلف الصالح. امشوا فى الجادة المستقيمة، لا تشبيه و لا تعطيل، بل اتباعا لسنة رسول الله صلى الله عليه و سلم من غير تكلف و تطبع و لا تشدد و لا تمشدق و لا تمعقل، يسعكم ما وسع من كان قبلكم . ويحك ، تحفظ القرآن و لا تعمل به، تحفظ سنة رسول الله صلى الله عليه و سلم و لا تعمل بها، لأي شيئ تفعل ذلك !؟ و تأمر الناس و أنت لا تفعل و تنهاهم و أنت لا تنتهي”.

Artinya :
Wajib atas kalian ber-ittibaa’ (mengikuti perintah syari’at) tanpa berbuat ibtidaa’ (berbuat bid’ah dalam agama), wajib atas kalian berpegang dengan mazhab As-Salaf Ash-Sholih, berjalanlah kalian pada jalan yang lurus, jangan berbuat tasybih, jangan pula berbuat ta’thil, tapi ikutilah Sunnah Rosululloh SAW tanpa mengada-ada, tanpa dibuat-buat, tanpa berlebih-lebihan, tanpa diakal-akali, cukup bagi kalian apa-apa yang telah mencukupi orang-orang sebelum kalian (dari kalangan As-Salaf Ash-Sholih). Celaka kamu…!!, kamu menghafal Alqur-an tapi tidak mengamalkannya, kamu menghafal Sunnah Rosululloh tapi tidak mengamalkannya, lantas untuk apa kamu melakukan hal itu..!?, dan kamu memerintahkan yang baik kepada manusia tapi kamu sendiri tidak mengamalkannya, kamu melarang manusia dari berbuat keburukan namun kamu mengamalkannya”.

*Saya berkata :
Dari perkataan Syaikhuna ‘Abdulqoodir Al-jaylaaniy di atas, ada beberapa faedah yang perlu saya jelaskan secara terperinci, yaitu :
1.Ada tiga hal yang takkan pernah bersatu hingga hari kiamat, yaitu bahwa Syirik takkan pernah bersatu dengan Tauhid, Bid’ah takkan pernah bersatu dengan Sunnah, dan Maksiat takkan bersatu dengan Ta’at.

2. Syaikh ‘Abdulqodir Al-jaylaaniy adalah orang yang sangat komitmen terhadap Sunnah-Sunnah Rosululloh SAW, sebagaimana Beliaupun sangat membenci perbuatan Bid’ah dalam agama Alloh ta’aala.

3. Syaikh ‘Abdulqodir Al-jaylaaniy adalah orang yang bermazhab Syaf’iy dan Hanbali, namun mengapa Beliau malah berkata :Wajib atas kalian berpegang dengan madzhab As-Salafus Sholih !!??”.. apa maksud Beliau ??!!…jawabannya adalah sebagai berikut :

A. Bermadzhab itu bukanlah hal yang terlarang dalam agama islam, namun yang terlarang adalah ta’ashub atau fanatik terhadap madzhab yang dia peluk setelah dia tahu bahwa dalam permasalahan atau bab tertentu; madzhab yang dia peluk itu telah menyelisihi dalil dan menyimpang dari syaria’at, maka dalam hal ini dia tidak boleh ngotot untuk tenggelam dalam kesalahan dengan mengikuti perkataan seorang imam atau seorang fakih atau madzhab yang dia peluk, dan wajib bagi dia untuk mengikuti dalil yang shohih, dan juga yang perlu diperhatikan oleh orang seperti kita adalah hendaknya kita harus lebih bersikap teliti dan kritis, jangan hanya semata-mata terdapat dakwa bahwa dalam permasalahan atau bab tertentu yang benar adalah pendapat Jumhur, lantas kita berpegang kepada pendapat Jumhur dan menutup mata dari pendapat yang berlainan dengan madzhab kita yang seolah-olah tampak lemah, padahal jika direnungkan justru pendapat yang menyelisihi madzhab kita itu dalilnya lebih kuat, dan perlu renungkan lagi bahwa Jumhur itu berbeda dengan Ijma, dan sekali-kali Jumhur itu bukanlah Ijmaa’, sehingga pendapat Jumhur tidaklah mesti benar adanya.

B. Perhatikanlah apa yang telah dikatakan oleh Faqiiyhuz Zamaan Asy-Syaikh Muhammad bin Shoolih Al-‘Utsaymiin Al-Hanbaliy berikut ini (di kitab “Kitaabul ‘ilm” karya Syaikh Muhammad bin Sholih Al-‘Ustaimin , hal:153, cetakan Maktabah islamiyyah mesir) :
” سئل فضيلة الشيخ : هل يجب التقليد لمذهب معين أم لا ؟؟
فأجاب قائلا : نعم ، يجب التقليد لمذهب معين وجوبا لازما، لكن هذا المذهب المعين الذي يجب تقليده مذهب الرسول صلى الله عليه و سلم ، لأن الذي ذهب إليه الرسول صلى الله عليه و سلم واجب الاتباع و هو الذي به سعادة الدنيا و الآخرة، قال تعالى (( قل إن كنتم تحبون الله فاتبعوني يحببكم الله و يغفر لكم ذنوبكم و الله غفور رحيم ))
–آل عمران ؛ 31–و قال تعالى (( و أطيعوا الله و الرسول لعلكم ترحمون )) –آل عمران :132–. فهذا هو المذهب الواجب الاتباع بإجماع أهل العلم و أما غير هذا المذهب فإن اتباعه ضائع إذا لم يتبين الدليل من خلافه فإن تبين الدليل بخلافه فاتباعه محرم. حتى قال شيخ الإسلام –رحمه الله — : من قال أن أحدا من الناس يجب طاعته فى كل ما قال ، فإنه يستتاب فإن تاب و إلا قتل، لأن فى ذلك طاعة غير رسول الله—صلى الله عليه و سلم—فإنه يجب الأخذ بقوله، و قد قال –صلى الله عليه و سلم -)) اقتدوا بالذين من بعدي أبي بكر و عمر) – صحيح رواه الترمذي و ابن ماجه و أحمد –. و قال )) إن يطيعوا أبا بكر و عمر يرشدوا )—صحيح رواه مسلم –”.

Artinya :
Fadhilatus Syaikh Muhammad bin Sholih Al-‘Utsaimin Al-Hanbaliy pernah ditanya : “Apakah taklid kepada madzhab tertentu itu wajib ataukah tidak ?”.
Maka Syaikh Muhammad menjawab seraya berkata : Ya..! Lazimnya wajib taklid kepada madzhab tertentu, akan tetapi madzhab yang wajib ditaklid itu adalah madzhab Rosululloh SAW. Karena hanya pendapat Rosulullohlah SAW yang wajib diikuti lagi dita-ati –secara mutlak–, yang akibatnya mendapatkan kebahagian di dunia dan Akherat, Alloh ta’aala berfirman :
((Katakanlah: Jika kamu mencintai Alloh, ikutilah aku –Muhammad SAW–, niscaya Alloh mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu, dan Alloh maha pengampun lagi maha pemurah)) – Qs.Alu ‘Imron;31 — . Dan Alloh ta’aala berfirman : ((Dan ta-atilah Alloh dan Rosul agar kalian dirahmati)) – Qs. Alu ‘Imron;132 –. Maka inilah madzhab yang wajib diikuti dengan ‘Ijma Ahli ilmu, adapun selain madzhab ini, jika dalilnya belum jelas baginya; sedang dia menyelisihi dalil tersebut; maka mengikutinya merupakan kesia-siaan, namun apabila telah jelas dalilnya sedang dia menyelisihi dalil tersebut; maka mengikutinya adalah haram. Sampai-sampai Syaikhul islaam Ibnu Taymiyyah berkata : Barang siapa yang berkata : ” Seseorang dari manusia benar-benar wajib diikuti dalam setiap perkataannya ..!!”, (siapa yang berkata seperti itu) maka wajib orang tersebut diperintah untuk bertaubat jika dia mau bertaubat, namun jika dia tak mau bertaubat; maka wajib dibunuh (oleh pemerintah muslim); karena perbuatan semacam itu adalah perbuatan ta-at kepada selain Rosululloh SAW –selesai perkataan Syaikhul islam Ibnu Taymiyyah, pent.–. Lalu lanjut Syaikh Muhammad : Benarlah apa yang telah dikatakan Syaikhul islam Ibnu Taymiyah itu –semoga Alloh merahmatinya— yaitu bahwa tak ada seorangpun dari manusia yang wajib diambil perkataannya secara mutlak kecuali Nabi SAW, dan sungguh beliau SAW telah bersabda : ((Ikutilah dua orang sahabatku Abu Bakar dan ‘Umar)) – Shohih, Riwayat At-Tirmidziy, Ibnu Maajah dan Ahmad–. Dan Beliau SAW bersabda : ((Jika mereka mengikuti Abu Bakar dan ‘Umar pasti mereka akan terbimbing lagi mendapat petunjuk)) – selesai perkataan Syaikh Muhammad bin Sholih Al-‘Utsaimiiyn Al-hanbaliy–.

C. Berikut ini adalah pernyataan para Imam tentang wajibnya berpegang teguh dan mengikuti Al-hadits atau As-Sunnah dan meninggalkan siapapun yang menyalahi As-Sunnah :

#Berkata Al-Imam Abu hanifah :
“إذا قلت قولا يخالف كتاب الله و خبر الرسول صلى الله عليه و سلم فاتركوا قولي “
Artinya :
“Jika saya mengemukakan suatu pendapat yang menyelisihi kitab Alloh dan Hadits Rosululloh SAW maka tinggalkanlah pendapatku itu”.

#Berkata Al-Imam Malik bin Anas :
” إنما أنا بشر أخطئ و أصيب ، فانظروا فى رأيي، فكل ما وافق الكتاب و السنة فخذوه، و كل ما لم يوافق الكتاب و السنة فاتركوه “.
Artinya :
“Saya hanyalah seorang manusia, terkadang salah dan terkadang benar, oleh karena itu telitilah pendapatku, bila sesuai dengan Alqur-an dan As-Sunnah ambillah, dan bila tidak sesuai dengan Alqur-an dan As-Sunnah, tinggalkanlah”.

#Berkata Mujtahid Muthlak “Muhammad bin Idris Asy-Syaafi’i :

Dan Al-Imam Asy-Syafi’i berkata pula bahwa :
” أجمع المسلمون على أن من استبان له سنة عن رسول الله صلى الله عليه و سلم لم يحل له أن يدعها لقول أحد “
Artinya :
“Seluruh kaum muslimin telah sepakat bahwa orang yang secara jelas telah mengetahui suatu hadits/sunnah dari Rosululloh SAW , maka tidak halal baginya meninggalkannya karena ingin mengikuti pendapat seseorang”.

Lalu Beliau berkata lagi :

” إذا وجدتم فى كتابي خلاف سنة رسول الله صلى الله عليه و سلم فقولوا بسنة رسول الله فاتبعوها و لا تلتفتوا إلى قول أحد “
Artinya :
“Bila kalian mendapati dalam kitabku sesuatu yang menyelisihi hadits Rosululloh SAW, peganglah hadits Rosululloh Saw itu dan tinggalkanlah pendapatku itu”.

Dan Beliau pun berkata :
إذا صح الحديث فهو مذهبي ” “
Artinya :
“Bila Sebuah hadits itu telah shohih, maka itulah madzhabku..!”.

Dalam kesempatan yang lain Beliaupun berkata :
إذا رأيتموني أقول قولا، و قد صح عن النبي صلى الله عليه و سلم خلافه، فاعلموا أن عقلي قد ذهب “
Artinya :
“Jika kalian telah mengetahui bahwa aku mengatakan suatu pendapat yang menyelishi hadits Nabi SAW yang shohih, maka ketahuilah bahwa (ketika itu) aku telah gila”.

#Berkata Al-imam Ahmad bin Hanbal :
” رأي الأوزاعي و رأي مالك و رأي أبي حنيفة ، كله رأي، و هو عندي سواء ، إنما الحجة فى الآثار “
Artinya :
“Pendapat Al-‘Awzaa’iy, pendapat Malik, pendapat Abu Hanifah, semua itu adalah ro-yu (fikiran) semata, dan bagiku semua ro-yu itu sama saja, sebab yang menjadi hujjah itu hanyalah Al-Aatsar (Hadits-hadits Rosululloh SAW)”

Dalam kesempatan yang lain Imam Ahmad berkata :
“من رد حديث رسول الله صلى الله عليه و سلم ؛ فهو على شفا هلكة…!! “
Artinya :
“Barang siapa yang menolak hadits Rosululloh SAW, maka dia berada dibawah jurang kehancuran..!!”
( Lihat kitab “Shifatu sholatin Nabiy, minat takbir ilat taslim ka-annaka tarooha”, karya Muhammad Nashiruddin Al-Arnauthiy, Hal :41-48, Cetakan Mkatabah Al-ma’aarif, Riyadh).

D. Dari penjelasan di atas jelaslah bagi kita maksud perkataan Syaikh ‘Abdulqoodir Al-jaylaaniy, yaitu bahwa bermadzhab itu boleh, namun fanatik terhadap madzhab itulah yang terlarang, karena pendapat yang wajib diikuti secara mutlak hanya As-Salafus Sholih yaitu Rosullulloh dan Ijma para sahabatnya, serta manusia sholih yang hidup setelah mereka dari kalangan Tabi’in dan Tabi’ut -taabi’in.

Kedelapan : Persaksian para ‘ulama terhadap Karomah Syaikh Abdulqodir Al-jaylaaniy.

*Berkata Syaikh Muwafiquddin bin bin Qudaamah Al-Maqdisiy (di kitab “Adz-dzaiyl ‘ala thobaqotil hanabilah” karya Al-Haafizh Ibnu Rojab, No: 134) :
” لم أسمع عن أحد يحكى عنه من الكرامات أكثر مما يحكى عن الشيخ عبد القادر”
Artinya :
“Aku belum belum pernah mendengar seseorang bercerita tentang karomah yang lebih banyak dari cerita karomahnya Syaikh ‘Abdulqoodir Al-jaylaaniy”.

*Berkata Syaikh ‘Izzuddin bin ‘Abdussalaam (di kitab “Adz-Dzaiyl ‘ala thobaqootil hanaabilah” karya Al-Hafizh Ibnu Rojab, No:443, & “Siyar A’laamin Nubalaa”, 20/443) :
” لم تتواتر كرامات أحد من المشايخ إلا الشيخ عبد القادر، فإن كرامته نقلت إلينا بالتواتر”
Artinya :
“Belum mencapai derajat mutawatir kabar karomah salah seorang dari para masyaayikh (Guru-guru besar islam); kecuali karomahnya Syaikh ‘Abdulqoodir Al-jaylaaniy, Sungguh karomahnya itu telah dinukil sampai kepada kita dengan mutawatir”.

*Berkata Syaikh ‘Aliy bin Salmaan Al-bagdaadiy :
“و ناهيك بالشيخ عبد القادر الجيلاني فإنه صاحب المكاشفات و الكرامات التي لم تنتقل لأحد من عصره “.

Artinya :
“Cukuplah bagimu Syaikh ‘Abdulqoodir Al-jaylaaniy, karena sesungguhnya beliau memiliki mukasyafah dan karomah yang belum pernah berpindah kepada salah seorangpun di zamannya”.

*Berkata Al-Hafizh Adz-Dzahabiy (di kitab “Siyar a’laamin nubalaa, 20/439) :
” الشيخ الإمام العالم الزاهد العارف القدوة، شيخ الإسلام، علم الأولياء..!! “

Artinya :
“Beliau adalah Asy-Syaikh, Al-Imam, Az-Zaahid, Al-‘Aarif, Al-Qudwah, Syaikhul islaam, (Simbol) Bendera wali-wali Alloh…!!”.

*Berkata pula Al-Hafizh Adz-Dzahabiy (di kitab “Al-‘ibar fiy khobari man ‘abar”, 3/36) :
” شيخ العصر، و قدوة العارفين، و صاحب المقامات و الكرامات ، انتهى إليه التقدم فى الوعظ، و الكلام على الخواطر…!! “

Artinya :
“Beliau adalah Syaikh di masanya, Cermin bagi para ‘Aarif, memiliki maqomat dan karomah, pemberi nasihat sejati, serta mampu membaca lintasan-lintasan fikiran manusia (maksudnya adalah tajamnya firasat Beliau)…!!”.

اللهم صل أفضل صلاة على أسعد مخلوقاتك سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم عدد معلوماتك
ومداد كلماتك كلما ذكرك الذاكرون و غفل عن ذكرك الغافلون

—————————————BERSAMBUNG———————————————

This entry was posted in Sejarah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s